Friday, January 11, 2019

Magang lagi, magang lagi.

Sejatinya, ProBahasa adalah tempat bagi para anak magang dan siapa saja yang ingin 'ngalap' berkah terjemahan. Jadi, bagi para mahasiswa yang ingin bergelut di bidang terjemahan, kenapa tidak gabung dengan kami saja. Gratis, tidak dipungut biaya. Kalian pun akan dapat makan siang dan uang transport secukupnya. Nah, asyik kan? Oh ya, kalian tidak perlu repot-repot bawa laptop atau komputer sendiri, kami sudah menyiapkan semuanya. ---Ini promosi, SEBENARNYA :D ----

Sampailah kita pada peserta magang batch 1. Kami sebut batch 1 karena pada titik inilah magang benar-benar dipersiapkan dengan segala macam keperluannya. Kegiatan magang ini sebenarnya sudah pernah dilaksanakan sebelumnya, tapi tidak terdokumentasi dengan baik. Untuk batch 1 ini, ada yang menarik loooooo.....

Batch 1 dari anak UIN ini seperti memberikan inspirasi dan nafas baru bagi kami. Betapa tidak, kami melakukan banyak observasi dari ketiga anak magang ini, terutama dari segi proses belajar mengajar materi magang. Jadi, kalau dibalik, ProBahasa Translation sangat berterima kasih kepada mereka. Terima kasih ya guys!

Kami menganggap semua yang datang di ProBahasa adalah tamu, dan selayaknya tamu, kami pun berusaha untuk menyambut dan melayani mereka dengan sepenuh hati, meskipun pasti ada kekurangan di sana sini. Oleh sebab itu, kami selalu meminta masukan dari para peserta magang, untuk kemudian kami jadikan sebagai bahan evaluasi.

Rizka, Eko, dan Zia dengan nama email rizka.probahasa@gmail.com, eko.probahasa@gmail.com, dan zia.probahasa@gmail.com

Bersama tim kecil ProBahasa Translation
Kami juga menyediakan tes kompetensi setelah magang yang kemudian bisa dijadikan sebagai referensi untuk mencari kerja. Sertifikat akan diberikan kepada mereka yang lulus tes kompetensi, dan sebagai kompensasinya, kami juga memberikan sedikit uang transport dan cenderamata kecil-kecilan.

Kami juga berhasil menghimpun pesan dan kesan mereka lo..........

Kesan dan Pesan Magang di Probahasa Translation
Hari Jumat 16 November kami memulai magang di kantor Probahasa Translation. Kesan pertama pada kantor Probahasa adalah kantornya terlihat sepi dari luar. Mungkin karena memang letaknya yang tidak terlalu dekat dengan keramaian dan ruko-ruko disebelahnya juga masih belum terisi. Namun, setelah masuk ke dalam kantor, kesan sepi itu hilang begitu saja karena secara harfiah di dalam kantor memang banyak orang tetapi bukan hanya dari jumlahnya saja yang membuat suasana di dalam kantor menjadi berbeda tapi juga karena kekeluargaan dan kedamaiannya. Kantor terasa sangat hidup dan hangat.
Kantor probahasa sendiri mempunyai peralatan yang sangat lengkap sehingga membuat kami yang magang disini menjadi sangat terbantu. Mulai dari computer yang canggih, aplikasi untuk menerjemah yang lengkap dan berlisensi resmi, ruangan yang sejuk, kamar mandi yang bersih serta tempat ibadah yang memadai.
Lebih jauh lagi, dari sisi substansi kami juga mendapatkan sangat banyak masukan. Banyak sekali ilmu baru yang bermanfaat seputar penerjemahan yang kami dapat. Mulai dari masukan tentang konten penerjemahan itu sendiri sampai teknis dalam pengoperasian CAT Tools. Seringnya kami yang masih baru ini dibuat kagum dengan hasil-hasil terjemahan dari para pegawai ProBahasa. Kami harus mengakui kalau memang jam terbang tidak bisa dibohongi. Kami berharap suatu hari nanti kami bisa seperti mereka. Aamin.  
Intinya kami sebagai peserta Magang merasa sangat bahagia dengan bisa berada disini. Suasana kerja yang menyenangkan dan pegawai yang sangat ramah membuat kami merasa tidak sedang magang tapi sedang belajar bersama di rumah sendiri dengan keluarga.
Seperti salah satu penggalan motto dari ProBahasa yang selalu kami temui saat makan siang yang berbunyi “Tidak ada penyesalan disini…” begitupun dengan kami para peserta magang, tidak ada penyesalan sedikitpun bisa mengenal dan pernah menjadi bagian dari ProBahasa. Berjuta kata terimakasih mungkin tidak akan pernah cukup untuk menggambarkan rasa syukur kami atas kesempatan magang yang telah diberikan oleh Probahasa.
Terakhir, Semoga tali silaturahmi ini senantiasa terjalin sampai akhir hayat nanti. Semoga juga kesehatan dan keselamatan senantiasa melindungi semua keluarga ProBahasa translation. Kami sangat berharap Probahasa Translation semakin maju dan berkembang serta menjadi Translation Company nomor 1 di Indonesia. Aamiin.   
Kesan dan Pesan Magang di Probahasa Translation
 "Don't cry because it's over, smile because it happened." 
Perpisahan memang sulit, tapi jangan bersedih. Syukurilah segala hal yg telah terjadi. Baik ataupun buruk. Seperti kata-kata di atas, tidak ada hal lain yang saya rasakan selain kesyukuran. Bersyukur karena dapat diberi kesempatan. Bersyukur telah diajarkan banyak hal. Bersyukur sebab mengenal orang-orang yang teramat baik. Pak Ahnan dengan segala kebaikan dan kedermawanannya, Mbak Vidia dengan kesabarannya, Mas Wildan dengan kejeniusannya, Mas Aldi dengan kesantunannya, Mas Nabil dengan kereceh-tapi-lucuannya, Mbak Rifa dengan kelembutannya dan Mbak Roza dengan keramahannya. Banyak hal telah kita lalui bersama walau sekedar obrolan ringan setelah makan atau mencoba bermain game terbaru dan bagi saya semuanya membahagiakan. Pesan saya, agar silaturahmi kita akan tetap tersambung selamanya. Boleh juga saling berbagi undangan kalau-kalau ada yang mau ke pelaminan. Syukur-syukur bisa hadir dan ramah tamah kembali hehe. Semoga selama kami di sini tidak terlalu banyak memberi kerepotan dengan segala ketidaktahuan kami. Maaf, bila kami banyak kesalahan dan kekurangan.
Terakhir kali, 4 kata yg dapat menyimpulkan kesan saya setelah magang di ProBahasa Translation: I'm So Much Grateful. :) 
Terima kasih banyak ProBahasa Translation. Semoga sukses dan diberkahi selalu. :) 
Kesan dan Pesan Magang di Probahasa Translation
Magang di Probahasa rasanya seperti bertamu tapi berminggu-minggu. Kami dapat sambutan ramah dan suguhan informasi yang belum pernah didapat sebelumnya. Pak Alex, Mb Vidia, dan teman-teman di sini loman banget nget dan baik. Baru magang dipasangin wifi, langsung dibikin pagar demi kenyamanan bersama, sering ditraktir, masih dipantau mengerjakan terjemahan kami yang masih rempahan astor ini, juga diberi waktu fleksibel buat keperluan lain. Ngga ngerti balasnya musti gimana. Meskipun jauh dari kos, tapi rasanya betah magang di Probahasa. Ninggalin kantor berasa ninggalin keluarga baru padahal baru ketemu. Jadi terharu hehe. Terima kasih banyak untuk semuanya. Semoga Probahasa semakin terdepan di bidang penerjemahan. Aamiin.


0 comments:

Post a Comment


Share This Article