Saturday, November 3, 2018


Magang, bisa jadi suatu kata yang keberadaannya cukup dikenal di telinga kita dan secara praktik diketahui secara umum, dengan persepsinya masing-masing. Lalu, apa sih arti magang bagi kami, ProBahasa Translation? Yuk kita simak secara singkat dari kacamata penerima peserta magang.

Magang sebagai sarana perekrutan
Tidak dipungkiri lagi bahwa sebagian perusahaan menggunakan sarana magang sebagai salah satu sistem perekrutan karyawan atau anggota timnya. Hal yang sama juga dilakukan oleh ProBahasa. ProBahasa Translation menerima anak magang dari berbagai universitas, terutama universitas-universitas dan kampus-kampus yang ada di Malang dan sekitarnya. Sebut saja mahasiswa atau mahasiswi Unibraw, UIN Malang, dan lain-lain.

Pada awalnya mereka magang karena kebutuhan pemenuhan mata kuliah tertentu dan setelah proses beberapa minggu atau bulan dan berdasarkan pantauan dari pihak ProBahasa, ada beberapa yang dirasa cukup bisa diajak kerja sama sebagai anggota tim. Maka, jadilah anak magang ini anggota tetap ProBahasa, meski statusnya waktu itu masih kuliah semester 7 atau 8, hingga akhirnya lulus dan bekerja di sana hingga saat ini.

Magang sebagai sarana mengamalkan ilmu
Untuk yang satu ini, tentunya sudah mutlak. Dalam perkuliahan, mungkin ada beberapa mata kuliah yang berkaitan langsung dengan terjemahan entah satu atau dua semester atau mungkin tidak ada sama sekali. Namun, bagi siapa saja atau mahasiswa yang punya kemampuan berbahasa dan ingin menggeluti bidang bahasa, terjemahan bisa menjadi salah satu sarana untuk menyalurkan bakat atau semangatnya itu, di samping daripada berdiam diri tanpa menghasilkan apa pun.

Magang menurut ProBahasa
Kegiatan magang memang seharusnya diadakan oleh setiap institusi pendidikan mengingat pentingnya dunia kerja yang tentu saja berbeda dengan dunia pendidikan meski ada kaitannya satu sama lain. Kami mengutip ungkapan salah satu perekrut senior sekaligus mantan Kepala Sekolah YPPI Surabaya, Drs. Vincentius Han bahwa ilmu yang bisa diterapkan dari dunia pendidikan ke dunia kerja nyata tidaklah lebih dari 5%, sehingga para pencari kerja harus menjadikan dasar ini sebagai pertimbangan hakiki dalam menentukan besar gaji atau tunjangan yang diinginkan. Lebih jauh lagi, beliau menambahkan. Perusahaan yang peduli dengan kesejahteraan karyawannya akan menaikkan gajinya secara otomatis berdasarkan kinerja yang dicapai, jadi para pencari kerja atau lulusan tidak usah gusar dengan gaji, fokuslah pada kinerja.

Dari uraian seorang perekrut senior itu, dapat kami simpulkan bahwa kegiatan magan ini perlu untuk menunjang keahlian pencari kerja kelak ketika dia akan terjun di bidang yang sama. Setidaknya, dia sudah tahu apa yang akan dilakukan di perusahaan tertentu.

Kami menyediakan peluang magang bagi para mahasiswa/wi di mana saja di seluruh Indonesia, terlebih bagi mereka yang berdomisili di sekitar Kota Malang. Kantor kami ada di sekitaran Patung Pesawat Sukarno Hatta, dari situ, lurus saja ke utara sampai ada perempatan pertama, ambil kiri, lalu lurus lagi hingga ada perempatan, belok kanan, jalan pelan-pelan saja menyusuri jalan menurun, hingga ada ruko berjejer di sebelah kanan jalan. Tak jauh dari perumahan DWIGA dan ABM Permai.

InsyaAllah, kami menyediakan 9 PC di lantai bawah khusus untuk anak-anak magang. Jadi, peluang ini terbuka untuk siapa saja yang berstatus mahasiswa/wi.

Untuk info lebih lanjut, bisa WA kami di 082141818229 atau email kami di team.probahasa@gmail.com. Sukses selalu ya!

2 comments:

  1. Hey just wanted to give you a quick heads up.
    The words in your article seem to be running off the screen in Ie.
    I'm not sure if this is a formatting issue or something to do with web browser
    compatibility but I figured I'd post to let you know. The design look
    great though! Hope you get the issue fixed soon. Thanks

    ReplyDelete
  2. Magnificent site. Plenty of useful info here. I'm sending it to several
    pals ans also sharing in delicious. And certainly,
    thank you to your sweat!

    ReplyDelete


Share This Article